Rabu, 12 Juni 2013

Siang dan Malam

Di dunia Danisa, siang dan malam tidak berganti dengan sendirinya. Orang-orang harus mengatur waktu siang dan malamnya. Hal ini sungguh merepotkan. Untuk mengatur siang dan malam, mereka menugaskan banyak orang. Sebagian untuk mendatangkan siang sekaligus menyingkirkan siang, sebagian lagi untuk mendatangkan malam sekaligus menyingkirkan malam.

Untuk mendatangkan atau menyingkirkan siang dan malam mereka tidak melakukan ritual, bahkan tarian. Mereka tidak seprimitif itu. Mereka mengikat matahari dan bulan dengan logam platina. Pada ujung-ujungnya terdapat karet sebagai isolator sehingga mereka dapat memegang ikatan tersebut dan dapat menariknya. Setiap hari penjaga waktu akan memberitahukan kapan matahari dan bulan harus ditarik dating dan pergi.

Para penarik matahari semuanya bertubuh gelap, segelap malam. Mereka bekerja menggunakan atasan singlet, celana pendek, dan kacamata hitam. Pekerjaan menarik matahari adalah pekerjaan yang sulit. Mereka sudah melupakan apa itu malam sejak mereka bekerja menarik matahari. Satu-satunya yang mereka ingat tentang malam adalah malam itu segelap tubuh mereka. Walaupun begitu pekerjaan ini menghasilkan gaji yang lumayan. Cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengapa mereka tetap bertahan? Karena mereka bukan orang yang berpendidikan tinggi. Mereka tidak akan mampu mencari pekerjaan lain yang memiliki gaji sama besarnya dengan pekerjaan menarik matahari.


Para penarik bulan semuanya bertubuh terang, seterang siang. Bekerja sebagai penarik bulan tidak membutuhkan kacamata hitam karena cahaya bulan tidak seterang cahaya matahari. Meskipun begitu pekerjaan ini sama beratnya dengan pekerjaan menarik matahari. Bekerja sebagai penarik bulan mengakibatkan seseorang tidak pernah tidur malam. Mereka juga tidak bisa nyenyak tidur di siang hari karena siang adalah waktu ketika dunia mulai berisik. Alhasil, semua pekerja penarik bulan memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan pekerja penarik matahari. Mereka mengenakan atasan berlengan panjang dan celana panjang dalam melakukan pekerjaan ini. Mengapa? Udara malam selalu dingin, mereka akan jatuh sakit apabila tidak memakai pakaian yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar